Senin, 20 Maret 2017

Laporan Penelitian Mengapa Siswa Sering Terlambat

BAB. I PENDAHULUAN

I.          Latar Belakang
            Keterlambatan ialah adanya tingkang laku menyimpang yang menyalahi segala aturan atau tata tertib yang ada di sekolah, baik tertulis maupun  tidak tertulis.
            Keterlambatan dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:
1. Terlambat sengaja
            Kebanyakkan siswa melanggar tata tertib yang terlambat dengan sengaja, karena ada mata pelajaran pertama yang mereka tidak suka atau dengan alasan yang tidak sesuai dan tidak bisa diterima secara rasional..
2. Terlambat tidak sengaja
            Kemungkinan siswa tersebut mempunyai rumah lebih jauh dengan lingkungan sekolah, sehingga kemungkinan besar mereka akan terlambat.
            Hal tersebut sangat berpengaruh bagi prestasi belajar siswa, karena hasil usaha bekerja atau belajar siswa tidak maksimal disebabkan oleh terlambatnya siswa ke kelas.
II.        Indentifikasi Masalah
            Dari latar belakang tersebut di atas dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Peserta didik tidak antusias dalam proses pembelajaran.
2. Peserta didik mengantuk.
3. Sisw didik sering izin keluar.
4. Guru/ dosen belum maksimal mengelola kelas.
III.       Pembatasan Masalah
            Faktor keterlambatan siswa di SMAN 1 Makarti Jaya
IV.       Perumusan Masalah
1.      Mengapa siswa sering terlambat?
2.      Apa penyebab siswa terlambat?
3.      Bagaimana mengatasi siswa yang sering terlambat?
V.        Tujuan dan Manfaat Penelitian
- Untuk mengetahui tentang keterlambatan siswa.
- Untuk mengetahui faktor keterlambatan siswa




















BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

I.          Kajian Teroritis
            Siswa yang sering terlambat pada jam pelajaran pertama atau kedua dan seterusnya, juga sering bolos adalah siswa berterindikasi sebagai siswa yang kurang disiplin. Siswa yang kurang disiplin pada dasarnya merupakan cerminan kehidupan dalam keluarga. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kerjasama yang baik secara kontinyu dari orang tua/ wali murid dan pihak sekolah.
            Siswa SMA adalah masa yang sedang dalam siklus mencari jati diri, oleh karenanya pendekatan emosional, spiritual dan intlektual sangat dibutuhkan.
II.        Pengajuan Hipotesis
            Keterlambatan siswa ada dua (2) kemungkinan, yaitu terlambat karena sengaja dan keterlambatan karena tidak disengaja. Untuk memperjelas hal itu akan diuraikan maksud dari terlambat sengaja dan terlambat tidak sengaja.
a. Terlambat Sengaja
            Malas berbaris, belum sempat merokok, dan karena ada mata pelajaran yang tidak disukai atau dengan alasan yang tidak sesuai dan tidak bisa diterima secara rasional.
b. Terlambat Tidak Sengaja
             Siswa yang rumahnya lebih jauh dengan lingkungan sekolah, berpeluang akan terlambat.


BAB III. METODELOGI

1. Tempat dan Waktu Penelitian
            - Tempat                      : SMAN 1 Makarti Jaya
            - Hari/ Tanggal            : Rabu/ 8 Maret 2017
            - Pukul                         : 08.30 WIB
2. Populasi dan Sampel
            - Populasi                    : Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 1 Makarti Jaya
            - Sampel                      : 1. Ariansyah
                                                  2. Susanti
                                                  3. Ketut Puji
                                                  4. Putu Arya Juniawan
                                                  5. Putu Meysa
3.  Merode  Penelitian
     Wawancara
4. Vareabel Penelitian
     Keterlambatan siswa di jam pelajaran pertama
5. Instrumen Penelitian
1.      Mengapa terlambat  datang ke sekolah?
2.      Jam berapa berangkat sekolah?
3.      Berapa jauh jarak rumah ke sekolah?
6. Teknik Pengumpulan Data
            - Dengan wawancara
            - Dilakukan dengan percakapan antara peneliti dengan subjek/ responden.
              - Sumber data. Dalam hal ini pewawancara menggunakan percakapan yang
               menyenangkan, sehingga yang diwawancarai dapat terbuka mengeluarkan
                 pendapatnya.
7. Teknik keabsaan Data
            Menyimpulkan  hasil wawancara secara acak dari sampel yang tersedia
8. Teknik Pengelolaan Data
                        Proses analisa data dimulai dengan menelaah dari berbagai sumber tersedia, dari berbagai sumber yaitu hasil wawancara.
            Dari uraian tersebut dapat dirumuskan bahwa analisa data bermaksud pertama-tama mengorganisasikan seluruh data-data yang terkumpul yang terdiri dari catatan wawancara.
ü  Faktor Keterlambatan tidak Disengaja
*        Bangun kesiangan
*        Jarak rumah ke sekolah jauh
*        Menunggu jemputan dari teman
ü  Faktor Keterlambatan Disengaja
*        Bangun kesiangan karena bergadang terlalu larut malam
*        Mengantar teman/ saudara/orang tua padahal sudah tahu  jam berapa harus sudah masuk sekolah.
*        Sengaja berangkat siang
*        Malas bangun lebih pagi
*        Menyempatkan diri untuk menonton TV





BAB IV. HASIL PENELITIAN

1.         Deskripsi Data
            Pada bab ini peneliti akan menguaraikan sejumlah hasil penelitian, yang dilaksanakan di SMAN 1 Makarti Jaya. Pembahasan yang diteliti yaitu keterlambatan siswa. Untuk mendapatkan data-data yang diperlukan peneliti melalui wawancara.
            Wawancara yang dilakukan adalah seputar faktor penyebab keterlambatan siswa, sanksi yang diterima oleh siswa yang sering terlambat serta solusinya.
II.        Hasil Diskusi dan Interprestasi
            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui proses wawancara, maka pembahasannya sebagai berikut:
Faktor Penyebab Keterlambatan
Ø  Sebagian besar siswa belum bisa beradabtasi dengan jam masuk sekolah pukul 07.00 WIB.
Ø  Berbagai macam alasan dikemukakan oleh siswa yang terlambat, seperti rumah yang jauh, bangun kesiangan, ban motor bocor.
Ø   Sebelum berangkat sekolah main HP dulu, dan nonton acara favorit di media TV.




BAB V. KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
1.         Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMANSA MAJA masih rendah. Hal ini dikarenakan masih ada saja siswa yang terlambat setiap hari.
            Keterlambatan siswa tersebut bukan berarti tanpa sebab. Berbagai macam alasan diungkapkan siswa yang sering terlambat. Diantaranya adalah siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, masalah transportasi, bangun kesiangan. Alasann seperti inilah yang sering di kemukakan siswa ketika datang terlambat pada jam pelajaran pertama sudah dimulai.
2.         Implikasi
            Berbagai macam sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat. Mulai dari kunci motor diambil, denda Rp. 2000.-, dan sanksi yang berat yaitu ketika tiga kali terlambat siswa  disuruh pulang dan pemanggilan orang tua siswa. Namum hal terebut belum sepenuhnya mampu untuk mengatasi siswa terlambat meskipun frekuensi siswa terlambat menurun.
            Siawa yang terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya, karena dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu pikiran tentang materi pelajaran yang sedang dibahas atau diterangkan oleh guru pada mata pelajaran pertama. 
3.         Saran
            Penanganan siswa yang terlambat hendaknya dilakukan dengan sangat hati-hati dan
selektif, apalagi berkaitan dengan sanksi.
            Bagi siswa yang benar-benar melakukan tidakkan melanggar perarturan dan tata tertib
secara berulang-ulang dapat diberi sanksi yang berat. Dalam hal ini perlu kejelian pengampu/ pihak berwenang dalam mengidentifikasi pelanggar tata tertib tersebut.
















  
  LAPORAN PENELITIAN TENTANG
     BANYAKNYA SISWA YANG SERING TERLAMBAT
     DI SMAN 1 MAKARTI JAYA







     DISUSUN OLEH
     SISWA KELAS XII IPS 2

     GURU PEMBIMBING : IBU TATIK SUGIARTI, S.Pd







     SMAN 1 MAKARTI JAYA
     TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017



ABSARAK

Keterlambatan siswa  bukan berarti tanpa sebab. Berbagai macam alasan diungkapkan siswa yang sering terlambat. Diantaranya adalah siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, masalah transportasi, bangun kesiangan. Alasann seperti inilah yang sering di kemukakan siswa ketika datang terlambat pada jam pelajaran pertama sudah dimulai.
            Berbagai macam sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat. Mulai dari kunci motor diambil, denda Rp. 2000.-, dan sanksi yang berat yaitu ketika tiga kali terlambat siswa  disuruh pulang dan pemanggilan orang tua siswa. Namum hal terebut belum sepenuhnya mampu untuk mengatasi siswa terlambat meskipun frekuensi siswa terlambat menurun.
            Siawa yang terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya, karena dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu pikiran tentang materi pelajaran yang sedang dibahas atau diterangkan oleh guru pada mata pelajaran pertama. 






ii

HALAMAN PENGESAHAN

Diteliti/diperiksa Oleh             : Ibu Tatik Sugiarti S.Pd
Pada Tanggal                          : ...............................
Disyahkan Pada Tanggal        : ...............................
Olah                                        : Ibu Tatik Sugiarti, S.Pd
Jabatan                                                : Guru Pembimbing

Makarti Jaya,     Maret 2017
Guru Pembimbing,



TATIK SUGIARTI, S.Pd
NIP






iii

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui dan menyadari tentang “Banyaknya Siswa Yang Sering Terlambat di SMAN 1 Makarti Jaya” , yang kami sajikan berdasarkan wawancara dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Banyaknya Siswa Yang Sering Terlambat di SMAN 1 Makarti Jaya” yang menjelaskan berbagi alasan, solusi bagi siswa yang sering terlambat pada jam pelajaran pertama.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Guru Tatik Sugiarti, S.Pd  yang telah membimbing penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Makarti Jaya, Maret 2017
Penyusun,










iv
DAFTAR ISI

Halaman Judul ........................................................................................................................... i
Abstark ..................................................................................................................................... ii
Halaaman Pengesyahan ........................................................................................................... iii
Kata Pengantar ........................................................................................................................ iv
Daftar Isi ................................................................................................................................... v
Bab     I           Pendahuluan
            I.          Latar Belakang ................................................................................................ 1
            II.        Indentifikasi Masalah ....................................................................................... 1
            III.       Pembatasan Masalah ........................................................................................ 1
            IV.       Perumusan Masalah .......................................................................................... 1
            V.        Tujuan dan Manfaat Penelitian ......................................................................... 2
Bab      II         Tinjauan Pustaka
            I.          Kajian Teoritis .................................................................................................. 3
            II.        Pengajuan Hipitesis .......................................................................................... 3
Bab      III       Metodelogi Penelitian
            1.         Tempat dan Waktu Penelitian .......................................................................... 4
            2.         Populasi dan Sampel ........................................................................................ 4
            3.         Metode Penelitian ............................................................................................. 4
            4.         Vareabel Penelitian ........................................................................................... 4
            5.         Instrumen Penelitian ......................................................................................... 4
            6.         Teknik Pengumpulan Data ............................................................................... 4
            7.         Teknik Keabsaan Data ...................................................................................... 5
            8.         Teknik Pengolahan Data/ Analisis Data ........................................................... 5
Bab      IV        Hasil Penelitian
v
            I.          Deskripsi Data .................................................................................................. 6
            II.        Hasil Diskusi dan Interprestasi ......................................................................... 6
Bab      V.        Kesimpulan, Implikasi, dan Saran
            1.         Kesimpulan ....................................................................................................... 7
            2.         Implikasi ........................................................................................................... 7
            3.         Saran   ............................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................................. 9



















vi
DAFTAR PUSTAKA

Tim Kreatif Grahadi Buku Sosiologi, Simpati SMA Kelas XII Surakarta  Grahadi 
























9

1 komentar:

  1. terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website kami www.schoolmantic.com

    BalasHapus