BAB. I PENDAHULUAN
I. Latar
Belakang
Keterlambatan ialah adanya tingkang
laku menyimpang yang menyalahi segala aturan atau tata tertib yang ada di
sekolah, baik tertulis maupun tidak
tertulis.
Keterlambatan dibagi menjadi 2
bentuk, yaitu:
1. Terlambat
sengaja
Kebanyakkan siswa melanggar tata
tertib yang terlambat dengan sengaja, karena ada mata pelajaran pertama yang
mereka tidak suka atau dengan alasan yang tidak sesuai dan tidak bisa diterima
secara rasional..
2. Terlambat
tidak sengaja
Kemungkinan siswa tersebut mempunyai
rumah lebih jauh dengan lingkungan sekolah, sehingga kemungkinan besar mereka
akan terlambat.
Hal tersebut sangat berpengaruh bagi
prestasi belajar siswa, karena hasil usaha bekerja atau belajar siswa tidak
maksimal disebabkan oleh terlambatnya siswa ke kelas.
II. Indentifikasi Masalah
Dari latar belakang tersebut di atas
dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Peserta
didik tidak antusias dalam proses pembelajaran.
2. Peserta
didik mengantuk.
3. Sisw didik
sering izin keluar.
4. Guru/ dosen
belum maksimal mengelola kelas.
III. Pembatasan Masalah
Faktor keterlambatan siswa di SMAN 1
Makarti Jaya
IV. Perumusan Masalah
1.
Mengapa
siswa sering terlambat?
2.
Apa
penyebab siswa terlambat?
3.
Bagaimana
mengatasi siswa yang sering terlambat?
V. Tujuan dan Manfaat Penelitian
-
Untuk mengetahui tentang keterlambatan siswa.
-
Untuk mengetahui faktor keterlambatan siswa
BAB II. TINJAUAN
PUSTAKA
I. Kajian
Teroritis
Siswa yang sering
terlambat pada jam pelajaran pertama atau kedua dan seterusnya, juga sering
bolos adalah siswa berterindikasi sebagai siswa yang kurang disiplin. Siswa
yang kurang disiplin pada dasarnya merupakan cerminan kehidupan dalam keluarga.
Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kerjasama yang baik secara kontinyu
dari orang tua/ wali murid dan pihak sekolah.
Siswa SMA adalah masa
yang sedang dalam siklus mencari jati diri, oleh karenanya pendekatan
emosional, spiritual dan intlektual sangat dibutuhkan.
II. Pengajuan Hipotesis
Keterlambatan siswa ada dua (2) kemungkinan,
yaitu terlambat karena sengaja dan keterlambatan karena tidak disengaja. Untuk
memperjelas hal itu akan diuraikan maksud dari terlambat sengaja dan terlambat
tidak sengaja.
a.
Terlambat Sengaja
Malas berbaris, belum sempat merokok,
dan karena ada mata pelajaran yang tidak disukai atau dengan alasan yang tidak
sesuai dan tidak bisa diterima secara rasional.
b.
Terlambat Tidak Sengaja
Siswa yang rumahnya lebih jauh dengan
lingkungan sekolah, berpeluang akan terlambat.
BAB III. METODELOGI
1. Tempat dan Waktu Penelitian
-
Tempat : SMAN 1
Makarti Jaya
-
Hari/ Tanggal : Rabu/ 8 Maret
2017
-
Pukul : 08.30 WIB
2. Populasi dan Sampel
-
Populasi : Siswa Kelas
XII IPS 2 SMAN 1 Makarti Jaya
-
Sampel : 1. Ariansyah
2. Susanti
3. Ketut Puji
4. Putu Arya Juniawan
5. Putu Meysa
3. Merode
Penelitian
Wawancara
4. Vareabel Penelitian
Keterlambatan siswa di jam pelajaran pertama
5. Instrumen Penelitian
1.
Mengapa
terlambat datang ke sekolah?
2.
Jam
berapa berangkat sekolah?
3.
Berapa
jauh jarak rumah ke sekolah?
6. Teknik Pengumpulan Data
-
Dengan wawancara
-
Dilakukan dengan percakapan antara peneliti dengan subjek/ responden.
- Sumber data.
Dalam hal ini pewawancara menggunakan percakapan yang
menyenangkan,
sehingga yang diwawancarai dapat terbuka mengeluarkan
pendapatnya.
7. Teknik keabsaan Data
Menyimpulkan hasil wawancara secara acak dari sampel yang
tersedia
8. Teknik Pengelolaan Data
Proses analisa data dimulai dengan
menelaah dari berbagai sumber tersedia, dari berbagai sumber yaitu hasil
wawancara.
Dari uraian
tersebut dapat dirumuskan bahwa analisa data bermaksud pertama-tama
mengorganisasikan seluruh data-data yang terkumpul yang terdiri dari catatan
wawancara.
ü Faktor Keterlambatan tidak Disengaja
*
Bangun
kesiangan
*
Jarak
rumah ke sekolah jauh
*
Menunggu
jemputan dari teman
ü Faktor Keterlambatan Disengaja
*
Bangun
kesiangan karena bergadang terlalu larut malam
*
Mengantar
teman/ saudara/orang tua padahal sudah tahu
jam berapa harus sudah masuk sekolah.
*
Sengaja
berangkat siang
*
Malas
bangun lebih pagi
*
Menyempatkan
diri untuk menonton TV
BAB IV. HASIL PENELITIAN
1. Deskripsi Data
Pada bab ini
peneliti akan menguaraikan sejumlah hasil penelitian, yang dilaksanakan di SMAN
1 Makarti Jaya. Pembahasan yang diteliti yaitu keterlambatan siswa. Untuk
mendapatkan data-data yang diperlukan peneliti melalui wawancara.
Wawancara yang
dilakukan adalah seputar faktor penyebab keterlambatan siswa, sanksi yang diterima
oleh siswa yang sering terlambat serta solusinya.
II. Hasil Diskusi dan
Interprestasi
Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan melalui proses wawancara, maka pembahasannya
sebagai berikut:
Faktor Penyebab Keterlambatan
Ø Sebagian besar siswa belum bisa beradabtasi dengan jam masuk
sekolah pukul 07.00 WIB.
Ø Berbagai macam alasan dikemukakan oleh siswa yang terlambat,
seperti rumah yang jauh, bangun kesiangan, ban motor bocor.
Ø Sebelum berangkat sekolah
main HP dulu, dan nonton acara favorit di media TV.
BAB V. KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMANSA
MAJA masih rendah. Hal ini dikarenakan masih ada saja siswa yang terlambat
setiap hari.
Keterlambatan
siswa tersebut bukan berarti tanpa sebab. Berbagai macam alasan diungkapkan
siswa yang sering terlambat. Diantaranya adalah siswa yang rumahnya jauh dari
sekolah, masalah transportasi, bangun kesiangan. Alasann seperti inilah yang
sering di kemukakan siswa ketika datang terlambat pada jam pelajaran pertama
sudah dimulai.
2. Implikasi
Berbagai macam
sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat. Mulai dari
kunci motor diambil, denda Rp. 2000.-, dan sanksi yang berat yaitu ketika tiga kali
terlambat siswa disuruh pulang dan
pemanggilan orang tua siswa. Namum hal terebut belum sepenuhnya mampu untuk
mengatasi siswa terlambat meskipun frekuensi siswa terlambat menurun.
Siawa yang
terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya, karena dapat
mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu pikiran
tentang materi pelajaran yang sedang dibahas atau diterangkan oleh guru pada
mata pelajaran pertama.
3. Saran
Penanganan siswa yang terlambat
hendaknya dilakukan dengan sangat hati-hati dan
selektif,
apalagi berkaitan dengan sanksi.
Bagi siswa yang benar-benar melakukan
tidakkan melanggar perarturan dan tata tertib
secara berulang-ulang dapat diberi sanksi yang berat. Dalam hal ini
perlu kejelian pengampu/ pihak berwenang dalam mengidentifikasi pelanggar tata
tertib tersebut.
LAPORAN PENELITIAN TENTANG
BANYAKNYA SISWA YANG SERING TERLAMBAT
DI SMAN 1 MAKARTI JAYA
DISUSUN OLEH
SISWA KELAS XII IPS 2
GURU PEMBIMBING : IBU
TATIK SUGIARTI, S.Pd
SMAN 1 MAKARTI JAYA
TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017
ABSARAK
Keterlambatan siswa bukan
berarti tanpa sebab. Berbagai macam alasan diungkapkan siswa yang sering
terlambat. Diantaranya adalah siswa yang rumahnya jauh dari sekolah, masalah
transportasi, bangun kesiangan. Alasann seperti inilah yang sering di kemukakan
siswa ketika datang terlambat pada jam pelajaran pertama sudah dimulai.
Berbagai macam
sanksi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi siswa terlambat. Mulai dari
kunci motor diambil, denda Rp. 2000.-, dan sanksi yang berat yaitu ketika tiga
kali terlambat siswa disuruh pulang dan
pemanggilan orang tua siswa. Namum hal terebut belum sepenuhnya mampu untuk
mengatasi siswa terlambat meskipun frekuensi siswa terlambat menurun.
Siawa yang
terlambat sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajarnya, karena dapat
mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya dapat mengganggu pikiran
tentang materi pelajaran yang sedang dibahas atau diterangkan oleh guru pada
mata pelajaran pertama.
ii
HALAMAN PENGESAHAN
Diteliti/diperiksa Oleh
: Ibu Tatik Sugiarti S.Pd
Pada Tanggal
: ...............................
Disyahkan Pada Tanggal
: ...............................
Olah :
Ibu Tatik Sugiarti, S.Pd
Jabatan :
Guru Pembimbing
Makarti
Jaya, Maret 2017
Guru
Pembimbing,
TATIK
SUGIARTI, S.Pd
NIP
iii
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi
Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh
kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini
disusun agar pembaca dapat mengetahui dan menyadari tentang “Banyaknya Siswa
Yang Sering Terlambat di SMAN 1 Makarti Jaya” , yang kami sajikan
berdasarkan wawancara dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun
dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang
datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari
Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini
memuat tentang “Banyaknya Siswa Yang Sering Terlambat di SMAN 1 Makarti
Jaya” yang menjelaskan berbagi alasan, solusi bagi siswa yang sering
terlambat pada jam pelajaran pertama.
Penyusun juga
mengucapkan terima kasih kepada Ibu Guru Tatik Sugiarti, S.Pd yang telah membimbing penyusun agar dapat
menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah
ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah
ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan
kritiknya. Terima kasih.
Makarti
Jaya, Maret 2017
Penyusun,
iv
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
...........................................................................................................................
i
Abstark
.....................................................................................................................................
ii
Halaaman
Pengesyahan ...........................................................................................................
iii
Kata
Pengantar
........................................................................................................................
iv
Daftar
Isi ...................................................................................................................................
v
Bab I Pendahuluan
I.
Latar Belakang ................................................................................................
1
II. Indentifikasi
Masalah .......................................................................................
1
III. Pembatasan
Masalah ........................................................................................
1
IV. Perumusan
Masalah ..........................................................................................
1
V. Tujuan
dan Manfaat Penelitian .........................................................................
2
Bab II Tinjauan
Pustaka
I. Kajian
Teoritis ..................................................................................................
3
II. Pengajuan
Hipitesis
..........................................................................................
3
Bab III Metodelogi
Penelitian
1. Tempat
dan Waktu Penelitian ..........................................................................
4
2. Populasi
dan Sampel ........................................................................................
4
3. Metode
Penelitian .............................................................................................
4
4. Vareabel
Penelitian ...........................................................................................
4
5. Instrumen
Penelitian .........................................................................................
4
6. Teknik
Pengumpulan Data
...............................................................................
4
7. Teknik
Keabsaan Data ......................................................................................
5
8. Teknik
Pengolahan Data/ Analisis Data ...........................................................
5
Bab IV Hasil
Penelitian
v
I. Deskripsi
Data
..................................................................................................
6
II. Hasil
Diskusi dan Interprestasi
......................................................................... 6
Bab V. Kesimpulan,
Implikasi, dan Saran
1. Kesimpulan
.......................................................................................................
7
2. Implikasi
...........................................................................................................
7
3. Saran
...............................................................................................................
7
DAFTAR
PUSTAKA
..............................................................................................................
9
vi
DAFTAR PUSTAKA
Tim
Kreatif Grahadi Buku Sosiologi, Simpati SMA Kelas XII Surakarta Grahadi
9
terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website kami www.schoolmantic.com
BalasHapus