Senin, 12 Desember 2016

Model Pembelajaran Penjas Kls VII K13

MODEL PEMBELAJARAN RENANG
Sekolah                              : SMPN 1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                   : PJOK
Kelas/Semester                  : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ...............................................

Tahap
Deskripsi
Waktu
Tahap 1
Persiapan
Guru Menentukan tujuan pembelajaran, identifikasi karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya  belajar, dan sebagainya)

15 Menit

Tahap 2
Stimulasi/pemberian rangsangan
Guru dapat memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan tentang materi renang, anjuran membaca buku pedoman materi renang, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah tentang materi renang gaya dada. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat mengembangkan dan membantu peserta didik dalam mengeksplorasi bahan
15 menit
Tahap 3
Identifikasi masalah
Guru Mengidentifikasi  masalah pembelajaran tentang materi renang gaya dada dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)

20 menit
Tahap 4
Mengumpulkan data
Guru Membantu peserta didik  mengumpulan  dan  mengeksplorasi  data.
20 menit
Tahap 5
Pengolahan data
Guru membimbing peserta didik dalam kegiatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh para peserta didik baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya
15 menit
Tahap 6
Pembuktian
Guru membimbing peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil
25 menit
Tahap 7
Menarik kesimpulan
Guru membimbing peserta didik merumuskan prinsip dan generalisasi hasil penemuannya.
15 menit
MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET

Sekolah                                                : SMP N1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                 : PJOK
Kelas/Semester                                : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ..........................

     KD 3  :  Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola
    besar sederhana dan atau tradisional

     KD 4  : Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar
   sederhana dan atau tradisional

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.Mengamati
-  Peserta didik mendapatkan pasangan sesuai dengan yang  
   ditentukan guru melalui permainan.
-   Peserta didik bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak spesifik permainan bola-basket (melempar, menangkap, dan menggiring).
-   Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi  
  “pelaku”dan siapa yang menjadi pengamat”. Pelaku melakukan
   tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan
   masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja).
20 Menit
2. Menanya
- Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang permainan
  bola basket yang belum mereka ketahui dan belum  
  dipahami (melempar, menangkap, dan menggiring).
20 Menit
3.Mencoba/
mengumpulkan informasi
- Peserta didik berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru.
   Peserta didik mencoba tugas gerak spesifik permainan bola basket ke     dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai  disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri.
25 MENIT
4.Menalar/ mengasosiasi
- Peserta didik menggunakan data atau informasi yang sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan yang mereka rumuskan.
25 MENIT
5. Mengkomunikasikan
- Peserta didik menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan-  pertanyaan baik secara lisan atau tertulis atau melalui media lain.
30 MENIT




MODEL PEMBELAJARAN
(30 menit)
Sekolah                                                : SMP N1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                 : PJOK
Kelas/Semester                                : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ..........................

A.        Tujuan

Pesertadapat menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran sesuai dengan KD.

B.         Petunjuk

1.       Bentuk kelompok dengan anggota 34 orang (dapat dalam kelompok yang sudah dibentuksebelumnya).
2.       Pilih KDdari KI-3 dan KI-4 (masing-masingsatu) danbuatlahrancanganlangkahdankegiatan-kegiatanpembelajarandengan salah satu model/pendekatan pembelajaran (untuktahapan INTI pembelajaran) denganmengisi format yang disediakan (20 menit).
3.       SajikanrancanganpembelajaranAndatersebut (5 menit).

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN/MODEL PROYEK BASED LEARNING

KD 3.5            :  Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

KD 4.5            : Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.Penentuan pertanyaan mendasar
1.peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang apakah peserta didik mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya?
2.peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang bagaimana cara mengukur tingkat kebugaran jasmaninya?
10  MENIT


2.menyusun perencanaan proyek
Peserta didik  melihat dan  memilih bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru buku siswa halaman 260 yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan.
10 MENIT
3.menyusun jadwal
Peserta membuat jadwal kegiatan yang dilakukansatu kali pertemuan dalam satu minggu dengan waktu 120 menit
10 MENIT
4.Monitoring
Guru memantau aktivitas peserta didik dalam melakukan aktivitas kebugaran jasmani dengan latihan interval training cepat dengan jarak pendek yang sedang dilakukan
20 MENIT
5.Menguji hasil
Peserta dididik melakukan kegiatan dengan menggunakan latihan interval training cepat dengan  jarak pendek dengan lama latihan 5-30 detik,intensitas latihan 85%-90% maksimum,ulangan latihan 15_25 kali dan istirahat 30 -90 detik dan hasil yang diperoleh dicocokkan dengan tabel yang ada di buku guru halaman 260.
35 MENIT
6.Evaluasi pengalaman
Pada akhir kegiatan peserta didik dan didampingi guru melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dilakukan ,permasalahan permasalahan yang timbul ,strategi strategi apa yang sudah dilakukan dan manfaat apa yang diperoleh dilakukan .dengan berdiskusi secara bersama sama.
10 MENIT



















PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN/MODEL INKUIRI LEARNING

Sekolah                                                : SMP N1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                 : PJOK
Kelas/Semester                                : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ..........................

KD 3.4            : 3.4        Memahami konsep gerak spesifik seni beladiri. **)

KD 4.4            : 4.4        Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri. **)

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahap 1
Orientasi
Guru mengondisikan agar peserta didik siap melaksanakan proses pembelajaran, menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh peserta didik, menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar, hal ini dapat dilakukan dalam rangka memberikan motivasi belajar peserta didik.
 10 m


Tahap 2
Merumuskan masalah
Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang telah disajikan.
5 MENIT
Tahap 3
Merumuskan hipotesis
Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan cara menyampaikan  berbagai pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji.
5 MENIT
Tahap 4
Mengumpulkan data
Guru membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan.
35 MENIT
Tahap 5
Menguji hipotesis
Guru membimbing peserta didik dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Yang terpenting dalam menguji hipotesis adalah mencari tingkat keyakinan peserta didik atas jawaban yang diberikan.
40 MENIT
Tahap 6
Merumuskan kesimpulan
Guru membimbing peserta didik dalam proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. Untuk mencapai kesimpulan yang akurat sebiknya guru mempu menunjukkan pada peserta didik data mana yang relevan.
15 MENIT



























MODEL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI

Sekolah                                                : SMP N1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                 : PJOK
Kelas/Semester                                : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ..........................

KD 3...             : ...
KD 4...             : ...

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
Siswa di berikan materi berupa gambar dan video tentang senam lantai guling depan depan, guling belakang. Kesalahan tentang teknik gerakan

Tahap 2
Organisasi belajar
Siswa dibagi kelompok, atau perorangan . untuk mengamati gerakan senam lantai

Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
Kelompok mambahas tentang gerakan senam lantai guling depan.

Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Kelompok mempresentasikan hasil gambar atau video yang diamati oleh kelompok.

Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru menilai dan mengevaluasi hasil yang dibahas oleh kelompok






MODEL PEMBELAJARAN
(30 menit)


Sekolah                                                : SMP N1 MAKARTI JAYA
Mata Pelajaran                 : PJOK
Kelas/Semester                                : VII/Satu
Alokasi Waktu                   : ..........................

A.        Tujuan

Pesertadapat menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran sesuai dengan KD.

B.         Petunjuk

4.       Bentuk kelompok dengan anggota 34 orang (dapat dalam kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya).
5.       Pilih KDdari KI-3 dan KI-4 (masing-masingsatu) dan buatlah rancangan langkah dan kegiatan-kegiatan pembelajaran dengan salah satu model/pendekatan pembelajaran (untuktahapan INTI pembelajaran) dengan mengisi format yang disediakan (20 menit).
6.       Sajikan rancangan pembelajaran Anda tersebut (5 menit).

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN/MODEL PROBLEM BASED LEARNING

KD 3.5            : Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

KD 4.5            : Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik.
“Bagaimana latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya.”
10
MENIT

Tahap 2
Organisasi belajar
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.
“Guru Menjelaskan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya.” Bisa Dengan latihan sirkuit training)
10 MENIT
Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah.
“peserta didik berdiskusi kelompok tentang bagaimana cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya.

10 MENIT
Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
”Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kepada kelompok lain mengenai latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya.” Bisa Dengan latihan sirkuit training)

20 MENIT
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
“Peserta didik memperbaiki latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya.” Bisa Dengan latihan sirkuit training) jika terjadi perbaikan gerakan yang kurang benar.
35 MENIT










1 komentar: